EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 2 BRINGINSARI
DOI:
https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1195Keywords:
Augmented Reality, pembelajaran ipa, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan media Augmented Reality (AR) pada kelas 5 SDN 2 Bringinsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis Pre-Eksperimen. Desain yang digunakan adalah one grup pretest posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 2 Bringinsari yang berjumlah 16 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 16 siswa dengan sampel semu. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: ada peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa kelas 5 SDN 2 Bringinsari pada pelajaran ipa dengan materi struktur bumi menggunakan media Augmented Reality. hal ini terlihat pada hasil perhitungan pada uji t dan uji gain. diperoleh nilai thitung sebesar -41,992 dan ttabel sebesar 2,144 sehingga diperoleh hasil thitung < ttabel (-41,992 > 2,144) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berfikir siswa kelas 5 SDN 2 Bringinsari pada materi Struktur bumi menggunakan media Augmented Reality. begitu juga dengan uji gain diperoleh nilai 0,722 atau 72% dengan hasil cukup efektif unuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SDN 2 Bringinsari menggunakan media Augmented Reality.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Widianto, Sri Jumini, Muhtar Sofwan Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.