PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI KELISTRIKAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ABSTRAK PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1204Keywords:
Pengembangan Media, Augmented Reality, Keterampilan Berpikir AbstrakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji kevalidan media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan pada materi kelistrikan; 2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan pada materi kelistrikan; 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan terhadap keterampilan berpikir abstrak siswa pada materi kelistrikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam meliputi angket validasi media, angket kepraktisan, dan soal tes keterampilan berpikir abstrak. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan dan kepraktisan media dengan skala likert, serta analisis peningkatan keterampilan berpikir abstrak dengan uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran augmented reality pada materi kelistrikan memenuhi kriteria valid dengan presentase validitas media dan materi masing-masing sebesar 92,3% dan 95,3%; 2) media pembelajaran augmented reality pada materi kelistrikan memenuhi kriteria praktis dengan presentase kepraktisan sebesar 92%; 3) media pembelajaran augmented reality pada materi kelistrikan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir abstrak peserta didik dengan nilai n-gain sebesar 75,13% yang termasuk dalam kategori tinggi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Uyun Nafidzatul Fajriyyah, Firdaus Firdaus, Darul Muntaha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.