PENERAPAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK USIA 2-4 DI KB BABUS SHAFA TACCORONG
DOI:
https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1365Keywords:
Metode STEAM, Keterampilan Sains, Kelompok Bermain (KB)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam meningkatkan keterampilan Sains anak Kelompok Bermain (KB) usia 2 – 4 Tahun di KB Babus Shafa Taccorong. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental dengan metode one grup pre-test post-test, subjek penelitiannya berjumlah 20 anak diambil secara acak dari populasi Kelompok Bermain (KB) Babus Shafa, melalui observasi pengumpulan data dalam 2 tahap, yaitu pre (sebelum) dan Post (sesudah) penerapan metode STEAM. Uji data dan analisis statistik dilakukan menggunakan Uji normalitas Shapiro-Wilk dan Uji-T dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika sebelum penerapan metode STEAM 95% anak berada pada kategori kurang, dan 5 % pada kategori cukup. Setelah diterapkan metode STEAM terjadi peningkatan terhadap keterampilan Sains anak Kelompok Bermain (KB) menjadi 60% kategori baik dan 40 % kategori cukup. Hasil uji analisis-T menghasilkan nilai statistik yaitu -17,06 dengan nilai p-value sebesar 5,60 x 10?¹³, yang mana hasilnya jauh lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga terdapat perbedaan keterampilan Sains anak Kelompok Bermain (KB) sebelum dan setelah penerapan metode STEAM, sehingga dapat diambil kesimpulan jika metode STEAM efektif dalam meningkatkan keterampilan sains anak usia dini di Kelompok Bernain (KB) usia 2-4 Tahun pada KB Babus Shafa Taccorong.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Nidha Eka Restuti Munawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.